Rabu, 31 Agustus 2016

PERMAINAN OUTBOUND : GAJAH DAN SEMUT


Jenis Permainan : 
  • Ice Breaking Game, Perception dan Energizer.
Cara Bermain :
  1. Ajak semua peserta untuk berdiri dan melakukan relaksasi. Tekankan pada peserta bahwa permainan ini adalah permainan untuk mengasah konsentrasi. Sehingga ini sangat baik diterapkan pada saat-saat dimana peserta sudah mulai mengantuk dan kehilangan konsentrasi.
  2. Tanyakan pada peserta berapakah ukuran tubuh gajah. Tentu semua akan menjawab ukurannya besar. Namun mintalah pada peserta untuk menunjukan dengan tangan seberapa besar gajah tersebut. Tentu peserta akan memutar tangannya dan membuat lingkaran besaarrr untuk menunjukan bahwa gajah tersebut sangat besar.
  3. Sebaliknya, tanyakan pada peserta seberapa besar ukuran semut. Tentu jawabannya kecil, dan mintalah untuk menunjukannya dengan tangan mereka. Tentu gerak tangan mereka akan berbeda, ada yang membentuk lingkaran kecil dan ada yang menjentikan kelingkingnya untuk menunjukan betapa kecilnya semut tersebut.
  4. Lakukan percobaan pertama, minta semua peserta menggambarkan gajah dan mereka biasanya akan menjawab: “Besaaarrrr” sambil tangannya membuat lingkaran besar. Minta mereka menggambarkan semut maka hampir semuanya akan menjawab: “Keciiillll” sambil tangannya membentuk lingkaran yang kecil.
  5. Permainan dimulai. Aturannya adalah setiap trainer menunjuk salah satu peserta dan menyebutkan kata Gajah misalnya, maka peserta yang ditunjuk tersebut harus melukiskan sebaliknya yaitu menyebut kata Besaaarrr namun tangannya harus menyimbolkan sesuatu yang kecil (lingkaran kecil). Sebaliknya, misalnya instruktur menyebut semut maka peserta yang ditunjuk mengatakan Keciiillll namun tangannya melukiskan hal yang besar (lingkaran besar).
  6. Untuk menyemarakan suasana, ajak peserta untuk bernyanyi permainan ini yaitu Gajah Gajah Gajah, Semut Semut Semut, Gajah Semut Semut, Semut Gajah Gajah, Gajah Semut Gajah Semut, Semut Gajah Semut Gajah; kemudian langsung tunjuk secara mendadak dan mengejutkan pada satu peserta dan katakan Semut! Maka peserta harus mengatakan Keciiilll tapi tangannya membentuk lingkaran besar. Nyanyikan lagi lagu tersebut dan secara mendadak lagi tunjuk secara acak peserta dan katakan Gajah (atau apapun yang dikehendaki). Bagi peserta yang tidak konsentrasi maka tentu permainan ini akan sangat sulit dilalui.
  7. Nyanyian dalam ritme pelan akan membuat permainan ini relatif mudah. Oleh sebab itu naikkan tempo atau ritme nyanyian sehingga peserta tergesa-gesa menyanyi dan dengan mendadak kita tunjuk peserta! Maka peserta akan kaget dan bingung menjawab dan bergerak seperti apa.
  8. Jika pesertanya sudah jago dan konsentrasinya tinggi, selain menaikan ritme lagu, buatlah kombinasi. Kombinasinya misalnya menambahkan kata Tinggi dan Pendek, misalnya Jerapah dan Kancil. Terapan aturan kebalikan seperti Gajah dan Semut tadi, sehingga Jerapah dikatakan “Tinggiii” namun posisi tubuh jongkok. Sedangkan Kancil dikatakan “Pendeekk” namun posisi tubuh menjinjit tinggi.
  9. Sambil bernyanyi Gajah dan Semut, tunjuk dengan tiba-tiba salah satu peserta secara acak dan katakan “Gajah dan Kancil”, maka peserta harus mengatakan “Besaaarrr” dengan tangan membuat lingkaran kecil, setelah itu mengatakan “Pendeekkk” sambil tubuh menjinjit tinggi. Begitu seterusnya.
Manfaat Permainan :
  • Kordinasi antara pikiran dan gerakan yang muncul kadang-kadang tidak sama karena konsentrasi kita kurang. Permainan ini akan melatih daya konsentrasi kita dalam menangkap instruksi.
--------------------------------
Smart Outbound Adventure
Obyek Wisata Air Panas Guci - Tegal - Jawa Tengah
--------------------------------
Phone :08777 4333 890 (XL)
085642744662 (Indosat)
WA 08777 4333 890

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safety Talk yang wajib ada dalam Outbound

Keselamatan adalah nomer satu,sebelum menrencanakan kegiatan apapun kami pastikan keamanan adalah sebuah prioritas. Saat pelatihan outbo...