Senin, 29 Agustus 2016

PERMAINAN OUTBOUND : BAKIAK

Peralatan
  • Sendal dari kayu yang dihubungan satu dengan yang lainnya menggunakan karet.

Cara Bermain
  • Setiap individu dalam tim mengambil peran masing-masing dengan menempatkan dirinya pada sendal kayu yang tersedia secara berbaris. 
  • Dalam permainan ini, tim melakukan pergerakan maju dengan menggunakan kaki secara serentak dan seirama dipandu pemimpin barisan yang paling depan. Bila kelompok dapat melakukannya dengan baik dan cepat, maka merekalah pemenangnya.



Tips Memenangkan Permainan Bakiak
  1. Perhatian (pada bakiaknya). Bakiak atau teklek atau terompah panjang, umumnya tercipta untuk 3-5 orang (ada juga yang lebih). Nah…sebelum permainan, ada baiknya kita perhatikan; apa bakiaknya rusak atau tidak? Atau, apa bakiaknya terbalik atau tidak? Selain berisiko menciderai pemain, berisiko juga untuk kemenangan tim.
  2. Persiapkan Diri. Ada baiknya untuk melakukan persiapan diri dulu. Misalnya dengan memakai alas kaki sepatu atau kaus-kaki agak tebal. Siapkan diri dengan peregangan atau pemanasan juga.
  3. Kompak. Banyak yang bilang kalau permainan bakiak ini dituntut untuk kompak. Nah memang benar. Kekompakan ini jadi salah-satu faktor utama agar tim bakiak bisa unggul dari lawannya. Kekompakan di sini bukan berarti mesti berkostum sama saja, melainkan memiliki ‘visi’ dan langkah yang harmonis juga. Ibaratnya, kalau speed pemain depan 40km/jam, yang belakang mestinya mengikuti. Begitupun dengan langkahnya. Kanan-kirinya.
  4. Daya Tahan Bagus. Meskipun bisa tertawa ketika bermain, bukan berarti permainan bakiak itu kompetisi yang ‘nyantai'. Ketika permainan bakiak memiliki lawan untuk balapan, maka pemain disarankan untuk berlari atau berjalan cepat. Untuk itulah, dibutuhkan tim dengan anggota-anggotanya yang memiliki daya tahan bagus.
  5. Cepat. Penentu kemenangan permainan ini seperti lari; siapa yang paling duluan menyentuh garis finish, dialah yang keluar sebagai pemenang. Karena itu, kecepatan menjadi sesuatu yang mesti diusahakan. Bisa kita condongkan badan ke depan dan mengambil langkah dengan lebar. Asal pastikan semua anggota tim mengikuti iramanya. Mesti kompak dan cepat, sebab lawan pun tak akan membiarkan kita leluasa menggapai garis akhir dengan mudah. Mereka pun akan menambah kecepatan.
  6. Konsentrasi atau Fokus. Ketika mengikuti permainan bakiak, banyak peserta yang akan berseru ‘kiri! kanan!’ sambil menyamakan langkah. Strategi ini memang berfungsi untuk menjaga keselarasan langkah, sekaligus memastikan pemain agar tidak ‘melengos’. Untuk itu, diperlukan sikap fokus. Pandang ke depan dan konsentrasi pada tim.
  7. Abaikan Lawan. Lawan yang dirasa berat kemungkinan besar akan membuat kita ciut. Begitu pun ketika lawannya tidak difavoritkan, kemungkinan kita akan diatas angin lebih dulu dan terlena akan sikap arogan. Alangkah lebih baiknya jika memaksimalkan kekuatan tim dan melakukan yang terbaik.
  8. Saling Percaya. Sepertinya sederhana, namun berpengaruh juga. Tim bakiak mestinya beranggotakan orang-orang yang memiliki chemistry bagus. Begitu saling memegang (entah pada pundak atau pinggang), rasanya itu percaya diri dan tidak ragu-ragu. Bahwa… “dengan bersama, kita pasti bisa!”. Orang yang di depan mesti percaya bahwa ‘ekor-ekornya’ akan nurut, selebar atau secepat apapun langkah yang diambil. Begitu pun dengan dua orang di belakangnya, yang memercayai pemimpin mereka untuk melesat mencapai tujuan yang sama.
  9. Kobarkan Semangat. Untuk mencapai kemenangan dalam permainan ini, sangat penting untuk mengobarkan semangat. Karena hanya yang bersemangat-lah yang akan lebih cepat sampai ke garis finish.
--------------------------------
Smart Outbound Adventure
Obyek Wisata Air Panas Guci - Tegal - Jawa Tengah
--------------------------------
Phone :08777 4333 890 (XL)
085642744662 (Indosat)
WA 08777 4333 890

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safety Talk yang wajib ada dalam Outbound

Keselamatan adalah nomer satu,sebelum menrencanakan kegiatan apapun kami pastikan keamanan adalah sebuah prioritas. Saat pelatihan outbo...